PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE BERNYANYI TERHADAP PELAKSANAAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA ANAK TK NEGERI CEMPAKA pendidikankesehatan,bernyanyi,mencuci tangan

Main Article Content

ariosugada ariosugada
Septi Ardianty
Miranti Florencia Iswari

Abstract

Mencuci tangan pakai sabun  merupakan salah satu tindakan sanitasi dengan cara membersihkan tangan dan jari-jemari yang bertujuan agar tangan menjadi bersih. Dampak dari kurang dilaksanakannya kebiasaan cuci tangan yang sering  menyerang anak usia pra sekolah  adalah diare, ISPA, cacingan dan demam. Informasi mengenai mencuci tangan dengan sabun ini perlu disosialisasikan melalui metode promosi kesehatan cuci tangan yang menarik untuk anak yakni metode bernyanyi. Melalui bernyanyi anak menjadi senang dan lebih mudah dalam memahami materi ajar yang disampaikan. Tujuan penelitian: ini adalah mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode bernyanyi terhadap pelaksanaan cuci tangan pakai sabun pada anak TK Negeri Cempaka. Metode Penelitian: Pra Eksperimen dengan menggunakan rancangan one-group pre test-post test. Jumlah sampel sebanyak 32 orang dengan total sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tempat penelitian dilakukan di TK Negeri Cempaka dan waktu penelitian di lakukan pada tanggal 8-13 Februari 2021. Hasil penelitian: :menunjukkan rata-rata pelaksanaan  mencuci tangan pakai sabun pada anak TK Negeri Cempaka sebelum diberikan pendidikan kesehatan dengan metode bernyanyi adalah 4.00,setelah diberikan pendidikan kesehatan dengan metode bernyanyi adalah 5.00. Hasil uji wilcoxon didapatkan nilai p value = 0,000 atau lebih kecil dari < 0,05. Kesimpulkan: ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode bernyanyi terhadap pelaksanaan cuci tangan pakai sabun pada anak TK Negeri Cempaka.


 


Kata Kunci : Pendidikan kesehatan, Bernyanyi, Mencuci tangan

Article Details

How to Cite
1.
ariosugada ariosugada, Ardianty S, Iswari M. PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE BERNYANYI TERHADAP PELAKSANAAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA ANAK TK NEGERI CEMPAKA. maskermedika [Internet]. 17Oct.2021 [cited 29Nov.2021];9(1):385-92. Available from: http://jmm.ikestmp.ac.id/index.php/maskermedika/article/view/446
Section
Articles

References

Al- Qur’an Surat Al Baqoroh [2]: 222
Anggraeni, erina setya 2016 perbedaan pendidikan kesehatan fakultas ilmu kesehatan muhammadiyah purwokerto.
Apriani, D. 2012.“Perbedaan perilaku mencuci tangan sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan pada anak”, Jurnal Keperawatan Soediman (The Soediman Journal Of Nursing). Vol.7(2). P. 60-66.
Cipta, 2012. Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan: Jakarta. Rineka Cipta.
Depkes RI. 2011. Cuci Tangan Pakai Sabun Dapat Mencegah Berbagai Penyakit.
Dewa Gede Juliawan, Ni Ketut Ayu Mirayanti dan Ni Ayu Parwati 2019.Pengaruh pendidikan kesehatan dengan bernyanyi lagu cuci tangan terhadap tindakan cuci tangan pada anak prasekolah di Sekolah Taman Kanak-Kanak Bakti 3 Denpasar.
Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2012. Panduan Penyelenggaraan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS) Kedua. Jakarta : Departemen Kesehatan Republik Indonesia.
Dinas Kesehatan OKU Timur 2018. Angka kejadian penyakit diare . Martapura: dinas kesehatan OKU Timur.
Dita Prillia Rubay, Yuyun Tafwidhah, M. Nur Hidayat, 2016.Pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode audio visual terhadap pelaksanaan cuci tangan pakai sabun pada anak usia prasekolah di TK AL Adabiy Kota Pontianak.
Evans, dkk 2019.Promosi kesehatan dan kesehatan masyarakat untuk mahasiswa keperawatan .
Jayastri, Christin, I Dewa Ayu Ketut Surinati,dan Lilis 2016.Pengaruh Bernyanyi Lagu Cuci Tangan terhadap Pelaksanaan Teknik Mencuci Tangan pada Anak Usia Prasekolah (5-6 Tahun) di PAUD Kumara Loka Denpasar.
Lestari. 2012. Pengaruh Kegiatan Rutin Mencuci Tangan Di Sekolah Dengan Perilaku Mencuci Tangan Anak Prasekolah Usia 4-6 tahun di TK Islam terpadu As-Salam kota Malang.
Rahmawati. 2014. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Pembelajaran Gerak Dan Lagu Terhadap Kemampuan Mencuci Tangan Pada Anak Usia 7-12 Tahundi SDN Pace 2 Kecamatan Silo Kabupaten Jember.Jurnal Ilmiah IlmuPendidikan, 10(2): 36-41
Vina, dkk 2015 pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode bernyanyi terhadap perilaku mencuci tangan anak prasekolah (3-6 tahun) Di TK perwanida Krangkong Tegalwangi Umbulsari Jember.
Wahyu, dkk 2019. Pengaruh promisi kesehatan melalui metode bernyanyi terhadap pelaksanaan cuci tangan pada anak prasekolah .